A.
PENGERTIAN
•
Suatu proses yang dijalankan oleh Dewan Komisaris,
Manajemen, dan Personel lain yang didesain untuk memberikan keyakinan yang
memadai tentang pencapaian tujuan tertentu
B.
KONSEP DASAR
INTERNAL
CONTROL
·
Sebuah Proses atau Serangkaian
Tindakan
·
Dijalankan oleh setiap orang
di jenjang organisasi bukan hanya pedoman kebijakan
atau formulir
·
Mampu memberikan keyakinan
memadai, bukan mutlak karena keterbatasan tertentu
·
Pencapaian Tujuan yaitu:
o Pelaporan Keuangan
o Kepatuhan
o Operasi
C.
KEPENTINGAN
D.
SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL
EFEKTIF
E.
MANAGEMENT dan AUDITOR
1.
Keandalan Laporan Keuangan
2.
Mendorong Efisiensi dan Efektivitas Operasional
3.
Ketaatan kepada hukum
Penekanan pada
4.
Pengendalian atas Golongan
Transaksi dan peraturan
F.
PIHAK BERTANGGUNG JAWAB
TERHADAP SPI
•
Manajemen
o Mengembangkan & menyelenggarakan IC secara efektif
o Menciptakan atmosfer IC di setiap level
•
Dewan Komisaris dan Komite
Audit
o Menilai efektifitas IC
o Meminta jasa pihak eksternal
•
Auditor Intern
o Memeriksa dan Mengevaluasi memadainya IC
o Memberikan rekomendasi
•
Personal Lain Entitas
o Mengkomunikasikan masalah yang timbul akibat ketidakpatuhan terhadap SPI
•
Auditor Independen
o Melakukan perencaan audit terhadap SPI
o Mengkomunkasikan temuan audit terkait SPI kepada manajemen
•
Pihak Luar Lainnya
o Seperti Bank Indonesia, BAPEPAM
o Mengeluarkan persyaratan minimum SPI yang harus dipenuhi
G.
KOMPONEN INTERNAL CONTROL
1.
LINGKUNGAN PENGENDALIAN
FAKTOR PEMBENTUK LINGKUNGAN PENGENDALIAN
Mencerminkan sikap dan tindakan para pemilik dan manajer entitas mengenai
SPI, spt: paradigma terhadap anggaran
·
NILAI INTEGRITAS DAN ETIKA
-
Personal & Operation
Behavior
-
Trust based Relationship
·
DEWAN KOMISARIS & AUDIT
-
Hubungan dengan Auditor
·
STRUKTUR ORGANISASI
·
KOMITMEN THD KOMPETENSI
-
Paduan antara Kecerdasan, Pelatihan
& Pengalaman
·
FILOSOFI & GAYA
MANAJEMEN
-
Sentralisasi vs
Desentralisasi
·
PEMBAGIAN WEWENANG DAN
TANGGUNG JAWAB
·
KEBIJAKAN DAN PRAKTEK SDM
2.
PENAKSIRAN RESIKO
·
Sistem Informasi Baru
·
Restrukturisasi Korporasi
·
Teknologi Baru
·
Perubahan Lingkungan Operasi
·
Personel Baru
·
Standar Akuntansi Baru
·
Lini Produk, Produk atau
Aktifitas Baru
·
Operasi Luar Negeri
3.
AKTIVITAS PENGENDALIAN
o ARAHAN MANAJEMEN
-
OTORISASI YANG PANTAS (AUTHORIZATION)
ü Otorisasi Umum berbentuk seluruh kebijakan manajemen yang harus ditaati,
ex: batasan kredit untuk pelanggan, persediaan minimum, batasan wewenang
otorisasi, dsb.
ü Otorisasi Khusus berbentuk kebijakan untuk beberapa transaksi, ex:
otorisasi penjualan (aktiva) mobil yang telah dipakai
ü Otorisasi ≠ Approval (persetujuan). Approval : implementasi dari
keputusan otorisasi umum manajemen, ex: kebijakan minimum persediaan adalah 10
unit, maka bagian yang memelihara persediaan menyetujui permintaan persediaan
baru (sesuai dengan otorisasi)
-
PEMISAHAN TUGAS (SEGREGATION OF DUTIES)
ü Otorisasi Umum berbentuk seluruh kebijakan manajemen yang harus ditaati,
ex: batasan kredit untuk pelanggan, persediaan minimum, batasan wewenang
otorisasi, dsb.
ü Otorisasi Khusus berbentuk kebijakan untuk beberapa transaksi, ex:
otorisasi penjualan (aktiva) mobil yang telah dipakai
ü Otorisasi ≠ Approval (persetujuan). Approval : implementasi dari
keputusan otorisasi umum manajemen, ex: kebijakan minimum persediaan adalah 10
unit, maka bagian yang memelihara persediaan menyetujui permintaan persediaan
baru (sesuai dengan otorisasi)
-
PEMISAHAN TUGAS (SEGREGATION OF DUTIES)
ü Dokumen harus berseri dan pre-numbered
ü Disiapkan pada saat transaksi terjadi atau segera sesudahnya
ü Sederhana dan mudah dimengerti
ü Dirancang multiguna à dokumen pengiriman dapat menjadi dasar pengeluaran barang dari gudang ke
bagian pengiriman, pemberaitahuan ke bagian penagihan tentang kuantitas dan
memutakhirkan catatan persediaan perpertual
ü Dirancang dalam bentuk yang mendorong penyajian yang benar à dokumen berisi petunjuk
yang tepat, ruang kosong untuk otorisasi dan persetujuan dan data numeris
-
PENGENDALIAN FISIK (ASSET
SAFEGUARDING)
ü Pengendalian fisik à mengunci ruangan dan terminal komputer, ruang penyimpanan piranti lunak
dan berkas data yang cukup, sistem pemadam kebakaran yang pantas
ü Pengendalian akses à hanya orang yang diberi wewenang, password online
ü Prosedur cadangan dan pemulihan à back up data penting
-
PENGECEKAN INDEPENDEN ATAS
PELAKSANAAN
ü Pengecekan da verifikasi intern, misal peran internal audit
·
INFORMASI & KOMUNIKASI
ü SISTEM AKUNTANSI
ü PEMAHAMAN PERAN & TANGGUNG JAWAB TERHADAP IC
§ Panduan Auditor untuk memahami:
·
Golongan transaksi
signifikan dalam LK
·
Proses awal transaksi
·
Catatan akuntansi, informasi
pendukung
·
Pengolahan transaksi (manual
dan sistem)
·
PEMANTAUAN
ü Urgensi fungsi audit intern untuk memantau efektivitas kebijakan dan
prosedur lain yang berkaitan dengan pengendalian
ü Ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap SPI
ü Pengendalian utama pada perusahan kecil adalah pengetahuan dan perhatian
pimpinan puncak terhadap operasi
H.
Prosedur Memahami
Pengendalian Internal
·
Pengalaman Auditor dalam
Periode Sebelumnya
- Biasanya audit suatu perusahaan dilakukan oleh KAP yang sama (max. 3 tahun) à mengandalkan pengalaman sebelumnya
- Untuk KAP baru, biasanya membutuhkan informasi yang banyak tentang SPI
- Tanya Jawab dengan Klien
- Bertujuan untuk memutakhirkan informasi
- Tanya jawab dilakukan kepada orang yang sesuai dengan bidangnya
- Kebijakan dan Pedoman Sistem Klien
- Mempelajari Kebijakan dan SOP Klien
- Inspeksi Dokumen dan Catatan
- Bertujuan untuk menjiwai isi pedoman dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik
- Memberikan bukti bahwa kebijakan dan prosedur pengendalian telah dilakukan
- Pengamatan atas Aktivitas dan Operasi
- Mengamati proses penyiapan dokumen dan catatan serta pelaksanaan aktivitas normal akuntansi dan pengendalian
I.
Media Memahami Pengendalian
Internal
•
Internal Control
Questionnaire
•
Flow Chart
•
Narrative
J.
KETERBATASAN INTERNAL
CONTROL
•
Kesalahan
o Salah Pertimbangan Keputusan Bisnis atau Tugas Rutin
o Disebabkan informasi yang tidak memadai, keterbatasan waktu, atau tekanan
lain
•
Gangguan
o Keliru memahami perintah
o Kelalaian, Kurang Perhatian
•
Kolusi
o Persengkokolan untuk kejahatan
•
Pengabaian Manajemen
o Mengabaikan prosedur (SOP)
o Melaporkan laba tinggi untuk mendapatkan bonus
•
Cost vs Benefit
o Biaya yang dikeluarkan untuk IC tidak melebihi benefit yang akan
diperoleh
=MN=
Tidak ada komentar:
Posting Komentar